1. | Masa angkutan Lebaran ditetapkan selama 16 hari, dimulai Pra Lebaran selama 7 hari (H1-7) pada 21 Juli s/d 27 Juli 2014, masa Lebaran selama 2 hari (H1-H2) pada tgl 28-29 Juli 2014 dan Purna Lebaran selama 7 hari (H2+7 ) atau mulai 30 Juli s/d 5 Agustus 2014. |
2. | Puncak arus mudik Lebaran (Pra Lebaran) diperkirakan pada H1-2, Sabtu 26 Juli 2014 dan puncak arus balik Lebaran (Purna Lebaran) diperkirakan terjadi pada H2+2 atau Kamis, 31 Juli 2014 dengan volume penumpang diperkirakan sebanyak 2.042.343 penumpang, meningkat 1,01% dari volume 2013 sebanyak 2.016.446 penumpang |
3. | Skenario operasi : |
| a. | Memenuhi Stamformasi rangkaian KA Reguler sesuai dengan stamformasi GAPEKA 2014 serta WAM (Warta Maklumat Kereta Api). Selain itu, dipersiapkan tahapan-tahapan mulai dari maksimalisasi stamformasi KA reguler, menjalankan KA Lebaran tertentu sesuai kebutuhan, maksimalisasi stamformasi KA reguler sampai batas daya tarik lokomotif |
| b. | Untuk wilayah Jawa, PT KAI menyiapkan 293 rangkaian KA Reguler, 18 KA Tambahan Komersial serta 14 KA Ekonomi Subsidi (PSO), dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 197.136 adalah sebagai berikut : |
| | Tabel 1. Rencana KA Tambahan Komersial |
| | No | Nama KA | Relasi | Stamformasi | Jumlah | Kapasitas Seat | Berangkat | Tiba | SF | Rangk | | | 1 | Argo Lawu Leb | Gmr-Slo | CC206 + 7K1k + 1M1 + 1B/K + 1BP | 10 | 1 | 350 | 21.40 | 06.13 | 2 | Argo Lawu Leb | Slo-Gmr | CC206 + 7K1k + 1M1 + 1B/K + 1BP | 10 | 1 | 350 | 09.45 | 18.14 | 3 | Gajayana Leb | Gmr-Ml | CC206 + 7K1k + 1M1 + 1BP | 9 | 1 | 350 | 18.20 | 10.22 | 4 | Gajayana Leb | Ml-Gmr | CC206 + 7K1k + 1M1 + 1BP | 9 | 1 | 350 | 16.00 | 08.13 | 5 | Gumarang Leb | Gmr-Sbi | CC206 + 7K1 + 1KM1 + 1BP | 9 | 1 | 350 | 11.35 | 21.50 | 6 | Gumarang Leb | Sbi-Gmr | CC206 + 7K1 + 1KM1 + 1BP | 9 | 1 | 350 | 23.50 | 10.05 | 7 | Purwojaya Leb | Gmr-Cp | CC206 + 7K1 + 1MP1 + 1B/K + 1BP | 10 | 1 | 350 | 13.50 | 20.19 | 8 | Purwojaya Leb | Cp-Gmr | CC206 + 7K1 + 1MP1 + 1B/K + 1BP | 10 | 1 | 350 | 23.20 | 05.56 | 9 | Lodaya Leb Pagi | Bd-Slo | CC206 + 4K1 + 4K2 + 1MP2+ 1B/K | 10 | 1 | 456 | 07.50 | 16.36 | 10 | Lodaya Leb Pagi | Slo-Bd | CC206 + 4K1 + 4K2 + 1MP2+ 1B/K | 10 | 1 | 456 | 08.10 | 16.48 | 11 | Lodaya Leb Malam | Bd-Slo | CC206 + 4K1 + 4K2 + 1MP2+ 1B/K | 10 | 1 | 456 | 20.30 | 04.50 | 12 | Lodaya Leb Malam | Slo-Bd | CC206 + 4K1 + 4K2 + 1MP2+ 1B/K | 10 | 1 | 456 | 20.10 | 04.50 | 13 | Sancaka Leb | Yk-Sgu | CC201 + 2K1 + 2K2 + 1MP2 + 1 B/K | 10 | 1 | 456 | 17.35 | 23.00 | 14 | Sancaka Leb | Sgu-Yk | CC201 + 2K1 + 2K2 + 1MP2 + 1 B/K | 10 | 1 | 456 | 06.15 | 11.06 | 15 | Jaka Tingkir | Pws-Pse | CC201 + 8K3 + 1 KNP3 + 1B/K | 10 | 1 | 896 | 16.20 | 02.01 | 16 | Jaka Tingkir | Pse-Pws | CC201 + 8K3 + 1 KNP3 + 1B/K | 10 | 1 | 896 | 23.10 | 08.31 | 17 | Kutojaya Utara Leb Pagi | Pse-Kta | CC201 + 8K3 + 1KMP3 + 1B/K | 10 | 1 | 896 | 04.55 | 12.33 | 18 | Kutojaya Utara Leb Pagi | Kta-Pse | CC201 + 8K3 + 1KMP3 + 1B/K | 10 | 1 | 896 | 14.05 | 21.33 |
|
| | |
| | Tabel 2. Rencana KA Tambahan Non-komersial |
| | No | Nama KA | Relasi | Stamformasi | Jumlah | Kapasitas Seat | Berangkat | Tiba | SF | Rangk | 1 | Tawang Jaya Leb | Pse-Smc | CC201 + 8K3 + 1KMP3 + 1B/K | 10 | 1 | 896 | 05.10 | 11.40 | 2 | Tawang Jaya Leb | Smc-Psc | CC201 + 8K3 + 1KMP3 + 1B/K | 10 | 1 | 896 | 14.40 | 20.55 | 3 | Pasundan Leb | Kac-Sgu | CC201 + 6K3 + 1KMP3 + 1B/K | 8 | 1 | 684 | 09.10 | 23.12 | 4 | Pasundan Leb | Sgu-Kac | CC201 + 6K3 + 1KMP3 + 1B/K | 8 | 1 | 684 | 05.40 | 19.37 | 5 | Kutojaya Utara Leb Malam | Pse-Kta | CC201 + 8K3 + 1KMP3 + 1B/K | 10 | 1 | 896 | 23.55 | 07.14 | 6 | Kutojaya Utara Leb Malam | Kta-Pse | CC201 + 8K3 + 1KMP3 + 1B/K | 10 | 1 | 896 | 10.30 | 17.46 | 7 | Kutojaya Sel Leb | Kac-Kta | CC201 + 6K3 + 1KMP3 + 1B/K | 8 | 1 | 684 | 09.55 | 17.07 | 8 | Kutojaya Sel Leb | Kta-Kac | CC201 + 6K3 + 1KMP3 + 1B/K | 8 | 1 | 684 | 20.15 | 03.17 | 9 | Matarmaja Leb | Pse-Ml | CC201 + 8K3 + 1KMP3 + 1B/K | 10 | 1 | 896 | 13.00 | 05.10 | 10 | Matarmaja Leb | Ml-Pse | CC201 + 8K3 + 1KMP3 + 1B/K | 10 | 1 | 896 | 10.40 | 02.40 | 11 | Kertajaya Leb | Tpk-Sbi | CC201 + 8K3 + 1KMP3 + 1B/K | 10 | 1 | 896 | 22.45 | 09.20 | 12 | Kertajaya Leb | Sbi-Tpk | CC201 + 8K3 + 1KMP3 + 1B/K | 10 | 1 | 896 | 13.00 | 23.28 | 13 | Mantab Leb | Pse-Mn | CC201 + 8K3 + 1KMP3 + 1B/K | 10 | 1 | 896 | 05.45 | 16.13 | 14 | Mantab Leb | Mn-Pse | CC201 + 8K3 + 1KMP3 + 1B/K | 10 | 1 | 896 | 20.20 | 06.59 |
|
| | |
| | Keterangan: |
| | Slo | : | Stasiun Solobalapan | Gmr | : | Stasiun Gambir, Jakarta | Ml | : | Stasiun Malang | Bd | : | Stasiun Bandung | Sgu | : | Stasiun Surabaya Gubeng | Yk | : | Stasiun Tugu Yogyakarta | Kta | : | Stasiun Kutoarjo | Pse | : | Stasiun Pasarsenen Jakarta | Tpk | : | Stasiun Tanjung Priok | Mn | : | Stasiun Madiun | Smc | : | Stasiun Semarang Poncol | Sbi | : | Stasiun Surabaya Pasarturi | Kac | : | Stasiun Kiaracondong Bandung |
|
| | |
| c. | Armada lokomotif disiapkan sebanyak 416 unit, meliputi lokomotif dinas sebanyak 368 unit dan cadangan 48 unit, naik cukup signifikan dibanding lebaran tahun lalu karena adanya tambahan lok CC 206. Sedangkan armada kereta yang disiapkan berjumlah 1555 unit. |
| d. | Prasarana, menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) pada titik-titik yang dianggap rawan seperti banjir dan longsor dan mengadakan pemeriksaan ekstra seluruh jalur KA serta perondaaan di lintasan KA pada waktu-waktu rawan. Selain itu juga bekerjasama dengan instansi terkait (Pemda, aparat keamanan) untuk keselamatan di perlintasan-perlintasan sebidang |
4. | Hal-hal terkait Ketentuan Pelayanan tiketing selama masa angkutan lebaran diatur sebagai berikut : |
| a. | Penjualan tiket KA Tambahan Lebaran seperti yang telah disebutkan di atas dibuka mulai 15 Mei 2014 untuk perjalanan H1-7 s.d. H2+7 (21 Juli s.d. 5 Agst 2014) |
| b. | Tiket KA yang dijual pada masa Angkutan Lebaran dan seterusnya, jadwal keberangkatan dan kedatangannya telah disesuaikan dengan Gapeka baru yang berlaku 1 Juni 2014. Masyarakat dihimbau untuk menyesuaikan dengan mengecek kembali jam keberangkatan dan kedatangan KA |
| c. | Penjualan tiket KA Lebaran Kelas Komersial maupun kelas ekonomi dilayani sejak 90 hari sebelum keberangkatan dan mulai running ticketing mulai jam 00.00WIB |
| d. | Tempat penjualan: pusat reservasi stasiun, kantor pos, agen tiket KA, Indomaret, Alfamart, dan melalui Railcard & Railbox, CIMB Clicks, Fastpay, dan Contact Center 121. Untuk CC 121 dan beberapa loket di Daop tengah buka 24 jam |
| e. | Boarding 1 s/d 2 jam sebelum KA berangkat, nama yang tertera dalam tiket harus sesuai dengan kartu tanda pengenal yang dimiliki penumpang |
5. | Okupansi maksimum tiap kereta ditetapkan100% untuk semua kelas dan 150% untuk KA lokal. Pada saat kapasitas angkut sudah terpenuhi, PT KAI tidak mengeluarkan tiket lagi untuk KA yang bersangkutan |
6. | Tarif KA Kelas Komersial (non PSO) bervarisi sesuai dengan tujuan dan tanggal keberangkatan |
7. | Tarif parsial hanya berlaku untuk KA dengan kelas komersial : Eksekutif, bisnis, ekonomi AC |
8. | Tarif KA Tambahan sama dengan tarif KA reguler yang searah. |
9. | Tarif Diskon Anak, Lansia, Pensiunan PT.KAI,TNI/POLRI tetap berlaku |
10. | Tarif Diskon Veteran/LVRI berlaku 30% |
11. | Tarif Reduksi 75 % untuk pegawai PT. KAI dengan memakai seragam R6 |
12. | Tarif Khusus diberlakukan untuk relasi berikut: |
| Yk-Slo Slo-Yk Pwt-Kta Pwt-Cp Bj-Sbi Jr-Bw Gmr-Cn Pwt/Kta-Slo Yk-Sgu/Ml Smt-Sbi Pwt-Yk/Slo Yk-Ml Yk-Sb Smt-Sbi |
| Penjualan dengan tarif khusus dilayani 3 jam sebelum keberangkatan KA |
13. | Tiket KA Jarak Jauh dan Jarak Sedang tidak bisa digunakan untuk naik KRL |
14. | Angkutan rombongan dilayani selama masih memungkinkan. |
15. | Melayani tiket return dengan komputer online |
16. | Pembatalan Tiket |
| a. | Atas permintaan penumpang, tiket yang telah dibeli dapat dibatalkan dengan dikenakan bea administrasi sebesar 25 % dari harga tiket diluar bea pesan. |
| b. | Pembatalan tiket dapat dilakukan selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan KA sebagaimana tercantum dalam tiket yang telah dibeli. |
| c. | Pelaksanaan proses pembatalan tiket dilakukan dengan menggunakan aplikasi Rail Ticket System. |
| d. | Tiket lama yang dibatalkan selanjutnya dilampirkan pada laporan penjualan tiket |
| e. | Untuk tiket yang dibeli di channel eksternal, kode booking dicetak terlebih dahulu menjadi tiket, selanjutnya dapat diproses pembatalan tiket. |
17. | Pengembalian bea pembatalan yang ditunda: |
| a. | Pengembalian bea pembatalan dapat dilakukan melalui transfer atau tunai dengan mengisi formulir dan melampirkan fotocopy identitas |
| b. | Permohonan pembatalan tiket dapat dilakukan selambat-lambatnya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api sebagaimana tercantum dalam tiket yang dibeli |
| c. | Pengembalian bea tiket dapat diambil dalam jangka waktu 30 s.d 45 hari setelah menerima print out pembatalan |
18. | Selama masa angkutan Lebaran 2014, PT KAI juga melayani angkutan sepeda motor pemudik dengan KA, dengan ketentuan sebagai berikut: |
| a. | Pelaksanaan pengangkutan dan penyediaan tempat duduk penumpang yakni tanggal 21 s.d. 25 Juli 2014 (H1-7 s.d. H1-3) dan tanggal 1 s.d. 5 Agustus 2014 (H2+3 s.d. H2+7) dengan stamformasi sebagai berikut : |
| |  |
| |  |
| b. | Penumpang dialokasikan 4 (empat) tempat duduk untuk 1 (satu) motor dengan KA Mantab Lebaran (via lintas utara) dan KA Kutojaya Utara Lebaran |
| c. | Jadwal Pelaksanaan, sebagai berikut: |
| | NO | URAIAN | JADWAL | KET | 1 | Pendaftaran Angkutan Motor dan Penjualan Tiket Pnp | 14 s.d. 18 Mei 2014 (5 hari, Rabu s/d Minggu) reservasi dilaksanakan pk 10.00 – 14.00 WIB | Kantor Pusat Kementerian Perhubungan Jakarta - Wajib memenuhi persyaratan Angkutan Motor (Bensin Kosong, dsb) - Wajib membawa KTP setiap Pnp | 2 | Pendaftaran Tahap II (hanya Motor) | 01 s.d. 11 Juli 2014 pk 10.00 – 14.00WIB | Kantor Pusat Kemenhub dan Stasiun Pemberangkatan: St. Jakarta Gudang, St. Cirebon Kejaksan, St. Tegal, St. Semarang Poncol, St.Kutoarjo, St. Yogya Lempuyangan, St.Solo Jebres | 3 | Pengiriman Motor | 20 Juli s.d. 02 Agustus 2014 | H-1 Motor dapat dikirimkan ke stasiun pemberangkatan | 4 | Laporan Pelaksanaan | Akhir Agustus 2014 | Maksimal 30 hari |
|
| |
19. | Layanan keluhan pelanggan 24 jam non stop melalui Contact Center (021) 121, Customer Service di Stasiun Besar, Customer Service On Train yang selalu siap melayani perjalanan |
20. | Untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban akan dilaksanakan tambahan pengawalan KA oleh personil POLRI, pengamanan stasioner di stasiun-stasiun penting dan padat penumpang serta patroli lintas oleh anggota Brimob seperti tahun lalu, pemeriksaan barang-barang bawaan penumpang yang mencurigakan, pembuatan spanduk himbauan dan larangan, serta peringatan di stasiun-stasiun dan perlintasan sebidang yang ramai lalu lintas |
21 | Selain itu, PT KAI juga menyiapkan beberapa posko untuk mendukung kelancaran jalannya Angkutan Lebaran 2014, antara lain: Posko Operasional, Posko Data, Posko Kesehatan, Posko Pengamanan, dan Posko Humas, termasuk menerjunkan personel Juru Periksa Jalan (JPJ) ekstra untuk lebih mengintensifkan pemeriksaan seluruh lintas KA, petugas JPL ekstra pada lintasan yang dianggap rawan, dan melakukan lokrit KA pada waktu-waktu yang dianggap rawan |
22. | Selama masa Angkutan Lebaran 2014 ini, seluruh pegawai PT KAI tidak diperkenankan untuk mengambil cuti demi mendukung kelancaran Angkutan Lebaran 2014 |
Belum ada tanggapan untuk "RENCANA OPERASI ANGKUTAN LEBARAN 2014"
Post a Comment